Indikator
  • USD → IDR Jual: 13,338 • USD → IDR Beli: 13,352
  • EUR → IDR Jual: 14,126 • EUR → IDR Beli: 14,145
  • HKD → IDR Jual: 1,718 • HKD → IDR Beli: 1,720
  • JPY → IDR Jual: 117 • JPY → IDR Beli: 117
  • AUD → IDR Jual: 10,210 • AUD → IDR Beli: 10,226
  • SGD → IDR Jual: 9,371 • SGD → IDR Beli: 9,387
  • Emas Jual → 548,000 • Emas Beli → 523,000
  • Perak Jual → 10,900
  • Update Tanggal 07-03-2017

Ini Cara Efektif Mengatasi Stres

Home / Gaya Hidup / Ini Cara Efektif Mengatasi Stres
Ini Cara Efektif Mengatasi Stres ILUSTRASI:Yoga (Foto: istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda sudah tahu apa itu straes? Stres adalah tekanan atau beban pikiran yang melebihi batas kemampuan pikiran kita. Akibatnya, tindakan kita menjadi tidak terkontrol dan biasanya seseorang yang mengalami stres, pikirannya menjadi labil, mudah tersinggung, mudah marah dsb.

Stres biasanya terjadi saat kita dihadapkan dengan suatu kondisi dimana kita mengalami kesulitan dalam memecahkan suatu masalah misalnya, dihadapkan dengan dua pilihan yang sulit, mendapat pekerjaan yang belum pernah kita kerjakan sebelumnya dsb.

Sehingga pikiran kita menjadi tertekan dan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Maka dari itu, untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi stres, penting bagi kita untuk mengetahui faktor penyebab stres.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Pertama, Anda harus curhat. Jika anda mempunyai masalah yang berat, anda bisa menceritakannya pada orang-orang disekitar Anda, dengan harapan mereka bisa memberikan solusi atas masalah yang sedang kita hadapi.

Kedua, Anda harus nonton acara komedi atau humor. Saat Anda mengalami kejenuhan atau stres, cobalah luangkan waktu Anda untuk melihat acara komedi di televisi, cara ini terbilang ampuh untuk mengatasi stres.

Ketiga, Anda sempatkan waktu untuk refreshing. Saat Anda mengalami kejenuhan, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk istirahat dan refreshing bersama keluarga anda.

Bila perlu ambilah cuti kerja, karena jika tubuh lelah dipaksa bekerja, hasilnyapun tidak akan baik. Setidaknya refreshing dapat membuat hati dan fikiran tenang walaupun hanya untuk sementara waktu.

Keempat, Anda harus banyak bersyukur dan menerima diri sendiri. Seperti apapun keadaan Anda, cobalah untuk mensyukurinya, jangan hanya membandingan nasib Anda dengan orang yang nasibnya lebih baik dari Anda, tapi agar kita bersyukur, cobalah bandingkan juga nasib Anda dengan orang-orang yang nasibnya jauh lebih buruk dari Anda.

Seterlah itu, terimalah keadaan Anda, bagaimanapun Anda, andalah yang menentukan baik buruknya kehidupan Anda.

Kelima adalah berfikir positif. Berfikir positif akan menghasilkan tindakan yang positif pula. Maka dari itu, berfikiran positiflah terhadap segala sesuatu yang terjadi pada anda, dengan begitu, diri anda akan meresponnya secara positif juga.

Keenam, Anda harus tidur secara teratur. Waktu tidur yang sehat yaitu 6-8 jam, jika Anda kurang tidur, biasanya tubuh Anda akan mudah letih dan merasa malas untuk melakukan pekerjaan.

Ketujuh adalah berolahraga. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, selain dapat menjaga kesehatan jasmani, olahraga juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rohani Anda. Olahraga bisa juga menjadi obat seseorang yang sedang dalam kondisi stres.(*)

Berita Terkait

Komentar

301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.

Terpopuler

Top
Wawanita.com satriamedia.com